Selasa, 21 Desember 2010

Tugas ketiga SIA

pertanyaan :

1. mengaudit suatu SIA secara efektif. membutuhkan seorang auditor yang memiliki pengetahuan tentang komputer dan aplikasinya dalam akuntansi. berikan pendapat anda sejauh mana auditor harus memiliki keahlian komputer untuk menjadi auditor yang efektif?

2. apakah anda setuju bahwa metode yang paling efektif untuk mendapatkan pengamanan system yang memadai adalah dengan mengandalkan integritas pegawai perusahaan? mengapa dan mengapa tidak?apakah hal ini tampak ironis? pengukuran apa yang perlu perusahaan lakukan untuk memastikan integritas pegawainya?

jawab:

1. Menurut saya bila si auditor memang lulusan ekonomi akuntansi, saya rasa dia bisa menggunakan aplikasi/software akuntansi, karena bisa jadi dalam masa perkuliahnya si auditor tentu banyak melakukan praktek tentang aplikasi komputer yang digunakan untuk akuntansi, seiring berjalannya waktu tentu si auditor dapat lebih mahir dan mengerti dalam penggunaannya dan juga untuk masalah-masalah dalam komputer.

2.saya tidak setuju, karena dalam pelaksanaan pengamanan sistem itu tidak selamanya seseorang dapat dipercaya dalam pengamanan sistem, dan harusnya pemimpin perusahaan dapat meseleksi para pegawai mana yang lebih baik dalam pelaksanaanya dan melakukan pengevaluasian terhadap semua pegawai pada satu bulan sekali untuk mengoptimalkan kinerja perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar